Recent twitter entries...

SUBSIDI, SEBUAH DEFINISI

Subsidi adalah kebijakan yang terkait dengan negara (pemerintah) terhadap kepentingan dan kemaslahatan rakyatnya. wikipedia menjelaskanya sebagai berikut, subsidi adalah suatu bentuk bantuan keuangan, yang biasanya dibayar oleh pemerintah, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga-harga, atau untuk mempertahankan eksistensi kegiatan bisnis, atau untuk mendorong berbagai kegiatan ekonomi pada umumnya. Istilah subsidi dapat juga digunakan untuk bantuan yang dibayar oleh non-pemerintah, seperti individu atau institusi non-pemerintah. Namun ini lebih sering disebut derma atau sumbangan (charity)

sebagaimana kita sekarang di indonesia, pemerintah juga melaksanakan strategi ini. sebagai contohnya adalah adanya subsidi pupuk, bbm, dll yang ditujukan utnuk menjaminnya stabilnya kegiatan perekonomian masyarakat, sehingga mampu untuk mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat.

walaupun demikian, pengertian, bentuk dan aplikasi dari subsidi tidak seragam sepenuhnya. berbeda ekonom maka beda pula kebijakannya, misalnya, sebagaimana dikatakan dalam khilafah1924.org, bahwa sikap kapitalisme terhadap subsidi berbeda-beda, bergantung pada konsep peran negara menurut aliran kapitalisme yang dianut.

pengertian dan aplikasi subsidi juga berbeda dalam tinjauan ideologis. kapitalisme, sosialisme, dan islam mempunyai definisi, bentuk dan aplikasi yang berbeda tetang hal ini yang dipengaruhi oleh pandangan dan cara berfikir mereka tentang problem kehidupan.

Comments (0)

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....