Recent twitter entries...

MENGENAL PASAR UANG

MENGENAL PASAR UANG

Pasar uang ,atau money market dalam bahasa inggrisnya, adalah pasar untuk perdagangan jangka pendek berupa surat berharga. disebut sebagai pasar untuk perdagangan jangka pendek karena instrumen yang diperjualbelikan dalam pasar ini adalah instrumen yang berjangka kurang dari satu tahun. Jangka pendek dalam penjelasan ini juga terdiri dari beberapa instrumen yang masing-masing mempunyai karakteristik tertentu seperti kredit harian (On Call), kredit bulanan (Prolongasi) maupun kredit tiga bulanan (Belening). Beberapa jenis instrumen pasar uang yang diperjual belikan adalah SBI, SBPU, SUN, repurchase Agreement dan lain-lain.

Pasar uang, sebagaimana pasar modal, juga dianggap mempunyai fungsi tertentu yang menguntungkan bagi beberapa pihak. Dalam kaitannya dengan pasar uang, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana dalam jangka pendek dapat memanfaatkan pasar uang ini. begitu pula dengan perusahaan yang kelebihan dana atau likuiditas bisa memanfaatkan pasar uang ini untuk menempatkan dananya pada instrumen-instrument tertentu. Dalam posisi ini pasar uang berperan sebagai lembaga intermediary yang mempertemukan pihak berlebih dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Peran semacam ini juga sama dengan peran lembaga keuangan lainnya seperti pasar modal dan bank.

Adapun para pelaku pasar uang adalah sebagai berikut bank, yayasan, dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan-perusahaan besar, lembaga pemerintah, lembaga keuangan lain, individu, masyarakat.

Comments (0)

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....