Recent twitter entries...

MATA UANG BERBAGAI BANGSA KUNO

Logam pertama yang dijadikan alat tukar pembayaran sudah ada sejak masa yunani kuno, sekitar 4000 tahun lalu. saat itu, barang yang terbuat dari perak digunakan dalam transaksi perdagangan,meski belum berbentuk cetakan atau koin.bangsa yunani baru mencetak koin emas dan perak, selain cetakan yang terbuat dari perunggu, sekitar tahun 406 sm. dalam perkembangannya, teknik percetakan uang mereka berkembang dengan ditandai dengan munculnya koin bergambar dan berukir. mata uang utama bangsa yunani aalah drachma yang terbuat dari perak.

meski begitu ada pula pendapat yang menyatakan bahwa pertama kali yang mencetak mata uang secara sistematis adalah bangsa lydia ketika kekuasaan berada ditangan croesus (507-546 sm). namun ada pula sejarahwan yang mengatakan bahwa jauh sebelumnya bangsa indian sudah mengenal mata uang cetakan atau koin, terutama pada masa mohingo-daro (2900 sm).

bangsa persia mendapatkan teknologi percetakan uang dari bangsa lydia yang ditaklukannya pada tahun 546 sm. mulannya mereka mencetak uang berbentuk persegi empat, dan kemudian berubah menjadi bundar. koin yang terbuat dari campuran tembaga sudah dikenal di negeri cina. sayangnya tidak ada catatan sejarah yang bisa memastikan kapan campuran tembaga telah digunakan sebagai mata uang cina. koin yang terbuat dari lempengan perak sudah dikenal pada masa dinasi hang (206-220 m). berabad-abad kemudian, cina lebih dikenal dengan mata uang yang berbasis perak, sehingga sempat dijadikan standar pada saat lahinya republik rakyat cina.

sebelum abad ke 3 SM, bangsa romawi sudah menggunakan mata uang yang terbuat dari perunggu yang dinamakan dengan aes. tembaga juga menjadi bahan lain pembuatan mata uang mereka. yang pertama kali mencetak mata uang jenis ini adalah numa atau servius tullius, yang dicetak pada tahun 269 SM. sedangkan mata uang mereka yang terbuat dari emas dicetak pada tahun 268 Sm, yang dinamakan dengan denarius.

Comments (1)

apik,Mas. Aq lg golek profil bangsa2 kuno,neng kene malah nambah ilmu. Suwun yo.

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....