Recent twitter entries...

LEMBAGA KEUANGAN AKAN TETAP BERTAHAN PADA MASA-MASA KRISIS

Pengamat ekonomi syariah, Adiwarman Azwar Karim, mengatakan, pertumbuhan perbankan syariah pada 2009 akan melesat seiring dengan beberapa kondisi perbaikan dari iklim bisnis syariah di Indonesia. Pada tahun ini diperkirakan akan banyak tumbuh bank umum syariah baru. Hal ini karena adanya kebijakan pemerintah maupun Bank Indonesia yang mendukung percepatan pertumbuhan perbankan syariah itu (republika).

Optimisme semacam ini seringkali diungkapkan oleh banyak pihak pro ekonomi syariah. dengan melihat karakterisik ekonomi syariah dan dengan menilik kondisi riil di indonesia pada masa lalu, saat ini, dan proyeksi masa mendatang, maka saya rasa wajar saya klaim mereka.

Keyakinan ini mungkin bisa dijelaskan dengan angka-angka pertumbuhan dari mereka. dalam republika mereka menjelaskan bahwa keyakinan akan perkembangan ekonomi syariah bisa terlihat dari kinerja perbankan syariah pada 2008 lalu. Sepanjang 2008, kinerja dari sisi aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), dan pembiayaan perbankan syariah meningkat. Januari sampai November 2008, data ketiga nya naik Rp 500 miliar sampai Rp 1 triliun untuk setiap bulan. Contohnya, pembiayaan pada Januari 2008 mencapai Rp 27 triliun. Pada November tahun yang sama menjadi Rp 38,5 triliun. DPK meningkat Rp 7 triliun menjadi Rp 34,4 triliun pada November. Asetnya pun tumbuh pesat dari Rp 35,8 triliun pada Januari 2008 menjadi Rp 47,1 triliun.

Demikianlah sekelumit fenomena tentang ekonomi syariah dengan berbagai lembaga keuangannya.

Comments (0)

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....