Recent twitter entries...

KAPITALISME, APA SIH.....

Kapitalisme dalam bahasa indonesia adalah padanan kata capitalism dari bahasa inggris. dalam tinjauan bahasa, kata ini tersusun dari dua kata, yaitu capital dan ism. jika diterjemahkan, capital dipadankan sebagai modal dalam bahasa indonesia, dan ism seringkali dipadankan dengan kata paham. Jika diterangkan secara istilah, kapitalisme didefinisikan sebagai suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.Namun demikian, kapitalisme tidak mempunyai definisi baku yang diterima secara luas. tetapi masyarakat secara pasti memahami maknanya.

Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang, yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Di Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. Paham ini mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa.

Kapitalisme, sebagai sebuah paham, selain dianggap mempunyai kelebihan juga diklaim banyak mempunyai kekurangan. dan sejauh ini kapitalisme sudah melakukan banyak kemajuan, disamping kerusakan dan kerugian yang banyak pula. oleh karenannya banyak ekonom dengan paham selain kapitalisme mengkritik, menyerang, bahkan mencoba menghentikan keberadaannya, dengan asumsi kejelekan kapitalisme sebagaimana di atas.

untuk masa ke depan, dunia akan semakin dinamis, sejalan dengan berjalannya waktu dan pembuktian-pembuktian yang dilakukan oleh kapitalisme.

Comments (0)

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....