Recent twitter entries...

EKONOM BARAT DAN EKONOM MUSLIM

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa (wikipedia). definisi ini kita mengerti bahkan sejak pertama kali kita mengenal dan memperlajari ekonomi. walaupun ternyata ada beberapa pihak yang tidak sepakat dengan definisi ini dengan beberapa alasan. khususnya mereka yang mendukung ekonomi islam.

jadi definisi semacam itu kemudian dikategorikan sebagai definisi ilmu ekonomi dari sudut pandang ekonom barat. dan pengkategorian semacam ini tidak terjadi hingga para ahli ekonomi islam bermunculan dan menyatakan perbedaan sudut pandang dan pendapatnya.

perbedaan sudut pandang ini menghasilkan perbedaan definisi dan beberapa turunannya. ekonom kapitalis mendefinisikan ekonomi sebagaimana di atas, namun ekonom muslim juga mempunyai definisinya sendiri, yang dengan itu pula menentukan sumber permasalahan yang berbeda. misalkan saja, para ekonom barat menjelaskan permasalahan ekonomi sebagai kondisi dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhannya terbatas. di lain sisi, para ekonom muslim juga mempunyai pandangannya sendiri tentang hal ini. dimana mereka mempunyai konsepnya sendiri yang berbeda tentu saja.

sehingga berawal dari perbedaan tersebut, kita akan lebih banyak mendapatkan konsep-konsep terbaru yang mungkin belum kita kenal sebelumnya, terutama dari ekonom muslim. dan dengan itu pula, mereka akan membuktikan which one is true....

Comments (0)

Post a Comment

monggo ngisi comment menawi kerso.....